Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah

Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah - Hallo sahabat Eggiza, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah, kami telah merangkum artikel ini dari berbagai sumber dan kami sajikan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya, Artikel cara, Artikel menanam, Artikel tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, Selamat Membaca.


Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah

Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah - Menanam kacang hijau ternyata tidak harus dengan olah tanah terlebih dahulu. Ada cara yang lebih praktis dan mudah untuk melakukan penanaman kacang hijau yaitu dengan menanamnya menggunakan cara hidroponik. Berikut adalah beberapa langkah untuk menanam kacang hijau tanpa olah tanah.

Menyiapkan Alat dan Bahan



Alat

Persiapan pertama sebelum menanam kacang hijau tanpa olah tanah adalah menyiapkan alat dan bahan-bahannya. Berikut adalah beberapa alat yang dibutuhkan dalam menanam kacang hijau:

  • Benih kacang hijau
  • Wadah untuk menanam kacang hijau
  • Pompa air
  • Air yang bersih
  • Penyiram (biasanya dalam bentuk pipa)

Bahan

Selain alat, pastikan juga bahwa bahan yang diperlukan dalam menanam kacang hijau sudah disediakan. Berikut adalah beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan dalam menanam kacang hijau di dalam hidroponik:

  • Pupuk kacang hijau
  • Bibit kacang hijau
  • Rockwool atau arang

Menyiapkan Air dan Pompa

Mengatur pH Air

Langkah pertama dalam membuat hidroponik kacang hijau adalah dengan mengatur pH air. Perlu diketahui bahwa pH air yang ideal untuk menanam kacang hijau adalah sekitar 6,0 hingga 7,0. Jadi pastikan agar pH air yang digunakan dalam menanam kacang hijau sudah sesuai dengan pH yang diinginkan.

Mengatur Ketinggian Wadah

Ketinggian wadah tempat menanam kacang hijau juga harus diperhatikan. Pastikan tinggi wadah tidak lebih dari 50 cm dengan posisi pompa air diletakkan di bawah wadah.

Menanam Kacang Hijau

Menyiapkan Rockwool atau Arang

Langkah selanjutnya dalam cara menanam kacang hijau tanpa olah tanah adalah menyiapkan rockwool atau arang yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, buatlah lubang pada rockwool atau arang tersebut dengan menggunakan ujung pensil atau tusuk gigi agar benih kacang hijau bisa ditanam pada media tersebut.

Menanam Benih Kacang Hijau

Setelah rockwool atau arang sudah siap, langkah selanjutnya adalah menanam benih kacang hijau ke media tersebut. Letakkan 1 atau 2 benih pada tiap luban yang sudah dibuat pada media. Jangan lupa juga untuk mengolesi betadin pada benih yang sudah ditanam agar mereka tumbuh dengan sehat.

Menyiram Air

Terakhir, siramlah media tempat menanam kacang hijau dengan air yang sudah disiapkan menggunakan pompa. Pastikan agar air yang tertampung tidak menutupi media dan dinding wadah. Lakukan penyiraman ini secara teratur agar kacang hijau tumbuh dengan sehat dan cepat.

Pemeliharaan Kacang Hijau

Memberikan Pupuk

Setelah proses menanam selesai, pastikan kita juga memberikan pupuk kacang hijau secara rutin dalam beberapa periode waktu secara teratur agar kacang hijau tersebut tumbuh subur dan stout. Pilihlah pupuk yang sesuai dengan kacang hijau kamu, gunakanlah semua jenis pupuk organik maupun pupuk kimia agar hasilnya semakin berkualitas.

Pendidikan Tanaman

Dalam proses pengembangan kacang hijau juga perlu diberikan pendidikan tanaman dengan cara merapikan tumbuhan kacang hijau terutama jika sudah mulai lebat. Gunakanlah bambu atau kayu untuk memberi tumpuan pada tumbuhan tersebut agar mereka tidak tumbang akibat beban atau beban yang melebihi kemampuannya.

Tips dan Ide untuk Menanam Kacang Hijau

Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit kacang hijau yang sudah cukup matang agar hasil dari pertumbuhannya nanti dapat lebih optimal. Namun, jika kamu ingin memiliki kacang hijau yang lebih sehat dan berkualitas, pilihlah bibit yang berasal dari bibit asli atau bibit organik pada petani lokal atau tempat beli bibit terdekat.

Intensitas Penyiraman

Perlu diingat bahwa tanaman kacang hijau membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhannya. Namun, tidak semua jenis kacang hijau memerlukan intensitas penyiraman yang sama, sehingga diperlukan pengaturan tingkat kelembaban masing-masing jenis kacang hijau.

Perawatan Higienis

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pada media tanaman kacang hijau ataupun peralatan yang kamu gunakan untuk menanam kacang hijau. Ini sangat penting untuk kesehatan tumbuhan dan menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri berbahaya pada media.

Penyimpanan Benih

Aktivitas penyimpanan juga sangat penting, simpanlah benih kacang hijau pada tempat yang sejuk terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menanam, rajin-rajinlah memeriksa benih pada kardus penyimpanannya untuk menjaga agar benih tersebut tidak menyusut atau busuk.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, kini kamu sudah mengetahui cara menanam kacang hijau tanpa olah tanah yang benar. Dalam menanam hidroponik kacang hijau tidaklah rumit, hanya dibutuhkan beberapa perlengkapan dan kreativitas dalam menanamnya. Dalam proses perawatan kamu perlu memahami tentang intensitas penyiraman, pemilihan bibit, dan pemeliharaan tumbuhan agar pertumbuhan kacang hijau bisa lebih maksimal. Selamat mencoba!

Demikian artikel Mengenai Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah , Semoga web kali ini bermanfaat untuk anda. Jika ada tulisan yang kurang dimengerti kami mohon maaf, Terimakasih atas kunjungannya.

Find more articles about Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah



Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah"

Posting Komentar