Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah

Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah - Hallo sahabat Eggiza, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah, kami telah merangkum artikel ini dari berbagai sumber dan kami sajikan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya, Artikel cara, Artikel menanam, Artikel tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, Selamat Membaca.


Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah

Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah - Komoditas jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang sangat penting di Indonesia. Selain sebagai bahan makanan, jagung juga memiliki peran sebagai pakan ternak. Meskipun jagung sangat penting, namun ternyata tidak semua orang bisa menanam jagung. Salah satu kendala yang sering dihadapi petani jagung adalah lahan yang tidak subur. Padahal, lahan subur sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman jagung. Namun, jangan khawatir, karena ada cara menanam jagung tanpa olah tanah yang bisa dilakukan.

Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah dengan Metode TOT

1. Persiapan Lahan

Sebelum menanam jagung dengan metode TOT, persiapan lahan harus dilakukan dengan baik. Pertama, pilih lahan yang datar atau miring dengan kemiringan maksimal 20 derajat. Kedua, bersihkan lahan dari sisa tanaman yang lama dan hama tanaman. Ketiga, buat alas dari bahan organik seperti jerami ataupun daun kering dengan tebal 5 hingga 10 cm. Keempat, gunakan bahan semi organik seperti sekam padi yang dicampur dengan pupuk kandang, dengan tebal 5 hingga 10 cm.

Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah - Persiapan Lahan

2. Tanam Banyak Varietas Jagung

Untuk meningkatkan peluang kesuksesan dalam menanam jagung dengan metode TOT, tanam banyak varietas jagung. Hal ini bertujuan agar bila salah satu varietas gagal tumbuh, ada varietas lain yang dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, dengan menanam banyak varietas jagung juga dapat mengurangi risiko terjadinya serangan hama dan penyakit pada tanaman jagung.

Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah - Tanam Banyak Varietas Jagung

3. Lakukan Penyiraman

Setelah menanam jagung dengan metode TOT, lakukan penyiraman setiap hari pada pagi atau sore hari. Jangan sampai terjadi kering karena hal itu akan sangat berdampak pada pertumbuhan jagung. Apabila tanah terlihat kering, segera lakukan penyiraman kembali. Penting juga untuk menyirami jagung dengan air yang tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya, seperti air yang berasal dari saluran pembuangan ataupun air hujan yang mengandung polutan.

Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah - Lakukan Penyiraman

4. Berikan Pupuk Organik dan Anorganik yang Cukup

Pupuk sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan jagung. Pada metode TOT, disarankan menggunakan pupuk organik dan anorganik yang cukup. Pupuk organik dapat berupa pupuk kandang atau kompos, sedangkan pupuk anorganik dapat berupa urea, SP-36, dan KCl. Pemupukan dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu pada saat persiapan lahan dan pada saat jagung mulai berumur 1 bulan.

Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah - Berikan Pupuk Organik dan Anorganik yang Cukup

Tips dan Trik Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah dengan Metode TOT

Selain cara di atas, ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan agar menanam jagung dengan metode TOT berhasil. Pertama, jagung sebaiknya ditanam saat musim hujan, karena hal itu memudahkan tanaman untuk tumbuh dengan baik. Kedua, menanam jagung dengan jarak tanam yang cukup, yakni sekitar 60 sampai 70 cm. Jarak tanam yang cukup penting untuk menghindari terjadinya persaingan dalam mendapatkan nutrisi dari tanah. Ketiga, gunakan benih jagung yang sehat dan berkualitas baik. Benih jagung yang sehat akan memudahkan pertumbuhan jagung.

Kesimpulan

Demikianlah Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah dengan metode TOT. Meskipun tanah tidak subur, bukan berarti tidak bisa menanam jagung. Dengan memanfaatkan metode TOT, siapa pun bisa menanam jagung dengan mudah dan praktis. Keberhasilan dalam menanam jagung tentu saja tidak hanya ditentukan oleh cara menanam, namun juga oleh perawatan dan pemeliharaan yang baik. Selamat mencoba menanam jagung, semoga berhasil!

Demikian postingan Mengenai Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah , Semoga web kali ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ada tulisan yang kurang dimengerti kami mohon maaf, Terimakasih atas kunjungannya.

Read more articles about Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah



Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah"

Posting Komentar