Cara Menanam Kacang Panjang Di Halaman Rumah

Cara Menanam Kacang Panjang Di Halaman Rumah - Hallo sahabat Eggiza, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menanam Kacang Panjang Di Halaman Rumah, kami telah merangkum artikel ini dari berbagai sumber dan kami sajikan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya, Artikel cara, Artikel menanam, Artikel tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, Selamat Membaca.


Cara Menanam Kacang Panjang Di Halaman Rumah

Cara Menanam Kacang Panjang Di Halaman Rumah - Kabar baik bagi kamu yang ingin mencoba menanam kacang panjang di halaman rumah, karena memang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, menanam kacang panjang juga memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti memenuhi kebutuhan sayuran sehari-hari serta sebagai hobi yang menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara menanam kacang panjang yang perlu kamu ketahui.

1. Persiapkan Media Tanam

Media Tanam

Untuk menanam kacang panjang, kamu dapat menggunakan polybag, pot, atau bahkan langsung ditanam di tanah. Namun, jika kamu memilih untuk menanam menggunakan polybag atau pot, pastikan untuk memilih media tanam yang baik, seperti campuran antara tanah, kompos, dan pasir dengan perbandingan 2:1:1. Selain itu, pastikan pula media tanam yang digunakan sudah bebas dari hama dan penyakit, agar pertumbuhan kacang panjang lebih optimal.

Kacang Panjang Dalam Polybag

2. Menanam Bibit Kacang Panjang

Bibit Kacang Panjang

Bibit kacang panjang dapat kamu beli di toko pertanian atau bisa juga diambil dari biji kacang panjang yang sudah tua dan kering. Apabila kamu ingin menanam menggunakan biji, rendam terlebih dahulu biji kacang panjang selama 2-3 jam untuk mempercepat proses perkecambahan. Kemudian, tanam bibit kacang panjang tersebut pada media tanam yang sudah disiapkan dengan kedalaman sekitar 2-3 cm dan jarak antar bibit sekitar 15-20 cm.

Menanam Bibit Kacang Panjang

3. Penyiraman dan Perawatan

Penyiraman dan Perawatan Kacang Panjang

Setelah menanam bibit kacang panjang, jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara teratur, terutama pada pagi dan sore hari. Pastikan juga tidak terlalu banyak menyiram, karena bisa menyebabkan akar kacang panjang busuk. Selain itu, lakukan juga perawatan dengan memberikan pupuk secara berkala dan mengendalikan pertumbuhan gulma di sekitar tanaman. Jika kacang panjang sudah tumbuh sekitar 10-15 cm, maka bisa kamu beri dukungan dengan kayu atau bambu untuk menjaga kestabilan tanaman.

Perawatan Kacang Panjang

4. Cara Panen Kacang Panjang

Panen Kacang Panjang

Setelah proses penanaman dan perawatan, kacang panjang sudah bisa dipanen setelah sekitar 60-70 hari di tanam. Ciri-ciri kacang panjang yang siap panen adalah batangnya sudah kuat dan berwarna hijau tua, serta sudah ada kacang panjang yang cukup besar di batangnya. Untuk memetik kacang panjang, gunakan gunting untuk memotong batangnya, agar tidak merusak tanaman dan kacang panjang lainnya.

Panen Kacang Panjang

5. Ide Memanfaatkan Kacang Panjang

Ide Memanfaatkan Kacang Panjang

Selain sebagai bahan sayuran, kacang panjang juga memiliki banyak manfaat lain yang bisa kamu manfaatkan, seperti membuat tumis kacang panjang, salad sayuran, atau bisa juga dijadikan bahan masakan tertentu, seperti sate kacang panjang atau lodeh. Selain itu, kacang panjang juga bisa dijadikan bahan obat tradisional untuk pengobatan penyakit tertentu, seperti asma atau batuk.

Ide Memanfaatkan Kacang Panjang

Demikianlah beberapa tips dan cara menanam kacang panjang yang bisa kamu lakukan di halaman rumah. Selain mudah, menanam kacang panjang juga memiliki banyak keuntungan dan manfaat, baik untuk kesehatan maupun sebagai hobi yang menyenangkan. Jadi, tunggu apa lagi, segera mulai menanam kacang panjang di halaman rumahmu dan jangan lupa untuk merawatnya dengan baik.

Demikian web Mengenai Cara Menanam Kacang Panjang Di Halaman Rumah , Semoga blog kali ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kalimat yang kurang dimengerti kami mohon maaf, Terimakasih atas kunjungannya.

View more articles about Cara Menanam Kacang Panjang Di Halaman Rumah



Cara Menanam Kacang Panjang Di Halaman Rumah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Kacang Panjang Di Halaman Rumah"

Posting Komentar