Cara Menanam Kacang Hijau Menggunakan Tanah

Cara Menanam Kacang Hijau Menggunakan Tanah - Hallo sahabat Eggiza, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menanam Kacang Hijau Menggunakan Tanah, kami telah merangkum artikel ini dari berbagai sumber dan kami sajikan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya, Artikel cara, Artikel menanam, Artikel tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, Selamat Membaca.


Cara Menanam Kacang Hijau Menggunakan Tanah

Cara Menanam Kacang Hijau Menggunakan Tanah -

Budidaya Tanaman Kacang Hijau

Langkah-langkah Pembibitan

kacang hijauPertama, persiapkan biji kacang hijau yang sudah dicucuri air hujan selama semalaman, kemudian rendam dalam air bersih selama 8 jam. Setelah itu, masukkan ke dalam kantung plastik dan letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari selama 2-3 hari hingga ada tunas yang muncul. Setelah muncul tunas, siapkan tanah dengan campuran pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan 2:1. Kemudian, tanam biji pada kedalaman 1cm di atas permukaan tanah dengan jarak antar biji 5-10cm. Siram tanah secara rutin dan hindari terkena sinar matahari langsung.

Langkah-langkah Penanaman

penanaman kacang hijauPada saat penanaman, siapkan lahan dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan yang sama dengan saat pembibitan. Buatlah lubang sebesar 10x10cm dengan jarak antar lubang 30x30cm. Setelah itu, masukkan bibit kacang hijau ke dalam lubang dan tutup dengan sedikit tanah. Jangan lupa untuk menyiraminya. Lakukan penyiraman secara rutin dan hindari terkena sinar matahari langsung.

Budidaya Tanaman Kacang Tanah

Langkah-langkah Pembibitan

kacang tanahPertama, siapkan biji kacang tanah dan campurkan dengan pupuk kandang. Kemudian, rendam dalam air selama 24 jam atau hingga bibit mengapung. Setelah itu, tiriskan bibit selama 1-2 hari hingga berbau fermentasi. Kemudian, masukkan bibit ke dalam kantung plastik dan letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari selama 2-3 hari hingga ada tunas yang muncul. Siapkan tanah dengan campuran sekam padi dan tanah dengan perbandingan 1:1. Kemudian, tanam biji pada kedalaman 1-2cm dengan jarak antar biji 20x20cm. Siram tanah secara rutin dan hindari terkena sinar matahari langsung.

Langkah-langkah Penanaman

penanaman kacang tanahPada saat penanaman, siapkan tanah dengan campuran pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan yang sama dengan saat pembibitan. Buatlah lubang sebesar 5-10cm dengan jarak antar lubang 20-30cm. Setelah itu, masukkan bibit kacang tanah ke dalam lubang dan tutup dengan sedikit tanah. Jangan lupa untuk menyiraminya. Lakukan penyiraman secara rutin dan hindari terkena sinar matahari langsung.

Tips-tips Budidaya Kacang Hijau dan Kacang Tanah

  1. Pilih bibit yang baik dan sehat
  2. Gunakan tanah yang subur dan kaya akan unsur hara
  3. Pilih lokasi yang berada di bawah sinar matahari langsung
  4. Siram tanah secara rutin
  5. Hindari terkena sinar matahari langsung
  6. Panen kacang hijau atau kacang tanah setelah 3-4 bulan
  7. Simpan biji kacang hijau atau kacang tanah pada tempat yang kering dan sejuk

Ideas Pengolahan Kacang Hijau dan Kacang Tanah

  • Kacang hijau dapat diolah menjadi bubur kacang hijau, es kacang hijau, atau kue kacang hijau
  • Kacang tanah dapat diolah menjadi makanan khas seperti gado-gado, karedok, atau dimakan sebagai camilan

Bagaimana Cara Menanam Kacang Hijau dan Kacang Tanah dengan Benar?

Menanam kacang hijau dan kacang tanah sangat mudah dilakukan. Yang terpenting adalah memilih bibit yang baik dan sehat, serta menggunakan tanah yang subur dan kaya akan unsur hara. Pilihlah lokasi yang terkena sinar matahari langsung, tanam bibit dengan jarak yang sesuai, dan siram tanah secara rutin. Hindari terkena sinar matahari langsung dan panenlah kacang hijau atau kacang tanah setelah 3-4 bulan.

Demikian artikel singkat Mengenai Cara Menanam Kacang Hijau Menggunakan Tanah , Semoga web kali ini bermanfaat untuk anda. Jika ada tulisan yang kurang dimengerti kami mohon maaf, Terimakasih atas kunjungannya.

View more articles about Cara Menanam Kacang Hijau Menggunakan Tanah



Cara Menanam Kacang Hijau Menggunakan Tanah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Kacang Hijau Menggunakan Tanah"

Posting Komentar